MASIGNCLEAN103

Ta'bir Atau Ungkapan Bahasa Arab Yang Menunjukkan Waktu Dilengkapi Contoh Penggunaannya.

iklan banner
Ungkapan Bahasa Arab Tentang Waktu - Dalam bercakap-cakap dalam bahasa apapun tentu kita sering menyebutkan beberapa kosakata atau ungkapan  bahasa Arab yang menunjukkan keterangan waktu. Seperti ungkapan tadi malam, kemarin, kemarin lusa, satu jam lagi,  dan lain-lain.
Baca : Nama-nama Perabot Rumah dalam bahasa Arab ( الأثاث)

Berikut ini beberapa ungkapan bahasa Arab yang menunjukkan keterangan waktu beserta contoh penggunaannya dalam kalimat sempurna.


Ungkapan Bahasa Arab Tentang Waktu

1 Malam  لَيْلًا
> Drama akan berlangsung pada hari sabtu malam سَتَكُوْنُ اْلمَصْرَحِيَّةُ فِيْ يَوْمِ اْلأَحَدِ لَيْلًا
2 Pagi صَبَاحًا
> Aku pergi ke sekolah Jam tujuh pagi أَذْهَبُ إِلَى اْلمَدْرَسَةِ السَّاعَةَ السَّابِعَةَ صَبَاحًا
3 Waktu Dhuha ضُحًى
> Aku mengunjungi perpustakaan hari kamis waktu dhuha أَزُوْرُ الْمَكْتَبَةَ فِيْ يَوْمِ اْلخَمِيْسِ ضُحًى
4 Siang Hari نَهَارًا
> Ahmad pulang dari sekolah siang hari رَجَعَ أَحْمَدُ مِنَ اْلمَدْرَسَةِ نَهَارًا
5 Sore مَسَاءً
> Aku bermain bola pada hari minggu sore أَلْعَبُ اْلكُرَةَ يَوْمَ اْلأَحَدِ مَسَاءً
6 Kemarin/ Lusa أَمْسِ \ قَبْلَ اْلأَمْسِ
> Kemarin hari jum'at أَمْسِ يَوْمُ اْلجُمْعَةِ
7 Barusan مِنْ جَدِيْدٍ
Saya datang barusan جِئْتُ مْنْ جَدِيْدٍ
8 Tadi malam اَلْبَارِحَةَ
> Saya menjaga pesantren tadi malam حَارَسْتُ الْمَعْهَدَ بِالبَارِحَةِ
9 Sekarang الآنَ
> Hari apakah sekarang ? أَيُّ يَوْمِ اْلآنَ
10 Malam ini اَللَّيْلَ 
> Aku menonton pertandingan sepak bola malam ini أُشَاهِدُ مُبَارَةَ كُرَةَ الْقَدَمَ بِاللَّيْلِ
11 Sebentar لَحْظَةً \ هُنَيْهَةُ
> Tunggulah sebentar ! اِنْتَظِرْ لَحْظَةً
12 Pekan Lalu اَلْأُسْبُوْعَ اْلمَاضِيّ
> Ayahku datang pekan lalu جَاءَ وَالِدِيْ فِي اْلأُسْبُوْعِ الْمَاضِي
13 Sepekan yang lalu قَبْلَ اْلأًسْبُوْعِ
> Aku bersafar sepekan yang lalu ساَفَرْتُ قَبْلَ اْلأُسْبُوْعِ
14 Sepekan lagi  بَعْدَ اْلأُسْبُوْعِ
> Aku akan bersafar seminggu lagi سَأُسَافِرُ بعْدَ اْلأُسْبُوْعِ
15 Minggu depan اَلْأُسْبُوْعَ الْآتِي \ اَلْأُسْبُوْعَ اْلقَاِدم
> Kita bertemu minggu depan نَلْتَقِي فِي  اْلأُسْبُوْعِ اْلقَادِم
16 Satu jam yg lalu قَبْلَ سَاعَةً
> Aku datang satu jam yang lalu جِئْتُ قَبْلَ سَاعَةٍ
17 Satu jam lagi  بَعْدَ السَّاعَةِ
> Aku akan pergi satu jam lagi سَأَذْهَبُ بَعْدَ السَّاعَةِ
18 Barusan قَبْلَ قَلِيْلٍ
> Ustadz keluar kelas barusan خَرَجَ اْلأُسْتَاذُ مِنَ الصَّفِّ قَبْلَ قَلِيْلٍ
19 Sebenter Lagi بَعْدَ قَلِيْلٍ
> Sebentar lagi datang gliran kalian سَيَأْتِيْ دَوْرُكُمْ بَعْدَ قَلِيْلٍ

Baca Juga:

Nah itulah beberapa Ungkapan Bahasa Arab yang paling sering digunakan untuk menunjukkan keterangan waktu. Sekarang giliran sobat Arabiyana yang harus coba mempraktikannya dalam sebuah kalimat bahasa arab. Comment ya..!!!

Share This :